Santri Pesantren Kauman Bondowoso Wakili Jatim Lomba MHQ Tingkat Asean

 Hofiatun Nisa’, santri Putri Pondok Pesantren Kauman Al-Hasani Al-Lathifi, Bondowoso, Jatim, menjadi juara 1 Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) kategori 5 juz. Nisa' pun akan kembali mengikuti lomba MHQ tingkat Asean.

Ia mewakili daerah Jatim 2 kategori 5 Juz. MHQ tingkat Asean akan digelar di Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta, pada Oktober 2019 nanti.    

Seleksi tingkat Jatim dihelat pada
Sabtu-Minggu, 20-21 Juli 2019 M di Pondok Pesantren Maqna’ul Ulum, Sukorejo, Sukowono, Jember. Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta bekerja sama dengan Pondok Pesantren Maqna’ul Ulum Jember mengadakan Seleksi Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Ke-5 Antar Pesantren Tingkat ASEAN untuk wilayah Jatim 2. Masing-masing meliputi Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo.

Ada 144 peserta putra dan putri yang ikut even ini sebagai perwakilan dari masing-masing pesantren.

Kegiatan ini dibuat untuk menumbuhkan dan memotivasi semangat menjaga, menghafal dan mempelajari Al-Qur’an. Selain itu juga untuk menjalin Ukhuwah Islamiyah antar pesantren dan lembaga Tahfidzul Qur’an.

Lomba ini juga terdiri dari beberapa kategori. Yakni kategori 1 juz, 5 juz, 10 juz, 15 juz, 20 juz, 25 juz, serta 30 juz. Bagi pemenang dari setiap kategori tersebut berhak mengikuti MHQ ke-5 tingkat ASEAN Oktober 2019 nanti.

Juri dalam kegiatan tersebut adalah Ustad Syahrir Ali Basya sebagai hakim nasional. Satu juri lainnya Pimpinan Pondok Pesantren Maqna’ul Ulum yaitu KH Mahrus Muhith Nahrawi SAg, dan utusan Pondok Pesantren Darunnajah Ustad Akhmad Muammar, serta Panitia Wilayah Ustad Hifni Zainul Muttaqin.

Pembina MHQ di Pesantren Kauman Bondowoso Ustad Arif mengaku senang dengan prestasi santrinya di ajang MHQ Tingkat Asean. "Semoga prestasi yang diraihnya bersamaan dengan ridha Allah SWT dan yang bersangkutan mendapatkan barokahnya serta diberikan kemudahan dan kelancaran," ucap Ustad Arif. 




0 Response to "Santri Pesantren Kauman Bondowoso Wakili Jatim Lomba MHQ Tingkat Asean"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel