Alhamdulillah, MA Kunuuzul Imam Kauman Capai Predikat Akreditasi "B" di Awal Tahun Pendirian

Pada bulan Juli 2019 Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman kedatangan tamu dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Kabupaten Bondowoso. Maksud dan tujuannya yakni melakukan akreditasi terhadap 8 standar yang menjadi syarat kualitas pada level Madrasah Aliyah (MA). Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman, pada kali pertama sejak pendirian lembaga MA Kunuuzul Imam Kauman 2 tahun yang lalu sudah memperoleh akreditasi dengan nilai mutu B (Baik) dan menjadi kali pertama MA Kunuuzul Imam Kauman menjalankan proses akreditasi, dan alhamdulillah semoga tetap konsisten dan menjadi lebih baik dengan memperoleh nilai A pada akreditasi tahun mendatang. (Aamiin Ya Rabb)

Pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana  dan terukur sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi. Pemerintah menetapkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dengan Peraturan Mendiknas Nomor 29 Tahun 2005. BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program atau satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar  nasional pendidikan. Sebagai institusi yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Mendiknas, BAN-S/M bertugas merumuskan kebijakan operasional,  melakukan sosialisasi kebijakan  dan melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah. Dalam melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah, BAN-S/M dibantu oleh Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) yang dibentuk oleh Gubernur, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, khususnya Pasal 87 ayat 2.

Khususnya pada tingkatan Madrasah Aliyah, 8 standar yang harus dipenuhi kualitasnya adalah : Standar Isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian. Setiap standar memiliki butir-butir pertanyaan yang harus dapat dibuktikan dengan cara memperlihatkan bukti fisik, wawancara, observasi dan metode-metode lain yang dianggap perlu oleh asesor untuk memberikan penilaian sesuai standar yang harus dipenuhi oleh sebuah Madrasah Aliyah


Sujud Syukur, dan Ungkapan terimakasih Kepada Pengasuh Ponpes Kauman AL-Hasani Al-Lathifi Kauman Bondowoso, Dewan Asatidz, Santri dan siswa, Alumni dan simpatisan, Wali santri, Ketua dan Pengurus KIK Yayasan kepada seluruh civitas dan Stakeholder Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman, menghaturkan terimakasih juga kepada Badan Akreditasi Provinsi - Sekolah / Madrasah (BAP-SM) Provinsi Jawa Timur, dan Asesor,  yang telah memfasilitasi proses Akreditasi di Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman. “Semoga apa yang dilakukan menjadi amal sholeh yang diterima Allah SWT, dan semoga hasil ini semakin membuat seluruh warga Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman lebih bersemangat lagi untuk memperbaiki diri, dan terus melakukan yang terbaik dalam bidang Pendidikan demi terwujudnya peradaban Islam yang berkemajuan,” pungkasnya. (Hum.dAGP)

0 Response to "Alhamdulillah, MA Kunuuzul Imam Kauman Capai Predikat Akreditasi "B" di Awal Tahun Pendirian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel